Luffy - One Piece

Kamis, 02 November 2023

Check Kondisi, Sebelum Membeli!: Istilah Tentang Kondisi Figure Dalam Dunia Jual-Beli Figure





Istilah Tentang Kondisi Figure Dalam Dunia Jual-Beli Figure

               Halo para kolektor yang rela menghabiskan uangnya demi membeli mainan yang tak punya nilai manfaat. Kalau kalian ingin mulai atau baru mulai mengoleksi figure maupun menjualnya, pastikan kalian tau dulu istilah-istilah berikut. Dengan kalian paham istilah berikut kalian akan terlihat seperti sepuh dan akan lebih mudah memahami informasi tentang kondisi figure yang akan kalian jual/beli. 


1. MISB (Mint in Sealed Box)
artinya figur atau mainan masih dalam kondisi sempurna dan belum pernah dibuka dari kemasannya. "Mint" berarti bahwa figur atau mainan dalam kondisi baik dan tidak cacat. Dan "Sealed Box" berarti kemasan luar masih tersegel dan belum pernah dibuka oleh siapapun sejak diproduksi. 

2. MIB (Mint in Box)
artinya figur atau mainan masih dalam kondisi sempurna dan belum pernah terbuka sebelumnya, tetapi kemasan luar sudah tidak tersegel atau sudah pernah terbuka. "Mint" berarti bahwa figur atau mainan dalam kondisi baik dan tidak cacat. "In Box" berarti figure tersebut tetap berada di kotak aslinya, walaupun kotak sudah tidak tersegel.

3. OFC (Open For Check)
artinya produk sudah pernah dikeluarkan oleh penjual dari dalam box untuk dicek, tetapi figur belum pernah tersentuh langsung. 

4. BIB (Back In Box)
artinya produk sudah pernah dikeluarkan dari box dan sempat dipajang oleh penjual, sebelum akhirnya dikembalikan lagi lalu dijual. 

5. Loose
artinya produk sudah pernah dipajang dan tidak dikembalikan ke box aslinya. Figur juga dijual satuan tanpa kemasan aslinya, namun biasanya figur masih dalam kondisi baik.

6. WYSIWYG (What You See Is What You Get)
artinya "Apa yang kamu lihat itu yang kamu dapat" merupakan deskripsi bagi figur yang kondisinya Loose. Biasanya penjual menambahkan deskripsi ini agar pembeli tidak terlalu bertanya tentang kelengkapan barang


                Nah, karena sekarang kalian sudah tau istilah-istilahnya pastikan untuk membeli figur sesuai dengan kondisi yang kamu inginkan dan budgetmu. Juga jual figurmu dengan deskripsi lengkap agar pembeli dapat lebih mudah percaya dan membeli figurmu. Arigatou-na besto friendo! 👊🏻👊🏻👊🏻👊🏻👊🏻



Share:

0 Comments:

Posting Komentar